RENCANA STRATEGIS

.::: Visi  Bappeda   :::.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Enrekang, sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diberi mandat oleh Undang-undang sebagai penyelenggara kewenagan otonomi daerah di bidang Perencanaan Pembangunan Daerah, selalu dituntut untuk meningkatkan kinerja organisasi agar tujuan pembangunan dapat dirumuskan dan dicapai secara efektif dan efisien. Keberhasilan pembangunan Kabupaten Enrekang sangat ditentukan oleh kinerja BAPPEDA. Karena perencanaan merupakan factor kunci dan awal keberhasilan dari pencapaian tujuan pembangunan dalam berbagai bidang. Eksistensi BAPPEDA yang efektif dan efisien di masa depan, akan banyak ditentukan oleh kemampuannya dalam manajemen perencanaan. Ini berarti bahwa perencanaan sebagai bagian dari dari keseluruhan proses pembangunan daerah, memelukan manajemen yang mampu menjamin terciptanya dokumen-dokumen dan produk perencanaan yang valid dan dapat dipercaya.

Salah satu langkah dalam manajemen pada umumnya, dan juga manajemen perencanaan adalah perumusan visi organisasi, agar setiap anggota di dalamnya memahami arah dan tujuan-tujuan yang ada dicapai bersama. Pernyataan visi BAPPEDA akan dapat membantu setiap pejabat dan apratur untuk apat menilai kinerja masa lalu, dan mengindentifikasi berbagai langkah penting untuk dilakukan di masa depan. Visi diharapkan akan membankitkan motivasi kerja secara kolektif, karena setiap orang dalam organisasi akan memahami tujuan-tujuan untuk lima tahun yang akan datang. Pernyataan visi BAPPEDA diharapkan mampu menciptakan konsensus dari setiap stakeholders sehingga mereka memiliki komitmen yang tinggi dan mencurahkan segala daya dan kemempuan demi tercapainya cita-cita organisasi khususnya, dan pembangunan masyarakat Kabupaten Enrekang pada umumnya Disamping itu,pernyataan visi dapat diciptakan kesadaran kolektif diantara seluruh pejabat dan pegawai tentang pentingnya pencapaian kondisi ideal yang diinginkan dan dirumuskan secara bersama.

Selain pandangan umum diatas, visi Bappeda juga dirumuskan dengan memperhatikan visi pembangunan jangka menengah daerah yang ditetapkan dalam RPJMD kabupaten Enrekang tahun 2009-2013 yaitu :

MEWUJUDKAN KABUPATEN ENREKANG SEBAGAI DAERAH AGROPOLITAN YANG LEBIH MAJU,  UNGGUL, SEJAHTERA DAN RELIGIUS PADA TAHUN 2013

Berdasarkan uraian di atas, berikut ini dirumuskan visi Badan Perencanan Pembangunan Daerah Kabupaten Enrekang untuk lima tahun kedepan sebagai berikut:

MEWUJUDKAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH YANG BERKUALITAS MENUJU KABUPATEN ENREKANG YANG LEBIH MAJU’’

Perencanaan pembangunan daerah dimaksud dalam visi diatas, dapat dikatakan berkualitas apabila memenuhi beberapa aspek sebagai berikut :

1. Berbasis Kondisi Lokal

Perencanaan pembangunan didasarkan pada potensi lokal dan bertujaun untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan dan kebutuhan lokal daerah.  Hal ini dimaksudkan agar perencanaan pembangunan daerah akomodatif terhadap dinamika dan aspirasi masyarakat.

2. Efektif. Sinergis dan Konsisten

Perencanaan yang efektif berarti dapat memecahkan berbagai permasalah yang dihadapi berdasarkan kepada prioritas yang telah ditetapkan, sesuai dengan pentahapan pencapaian hasil.

Sinergitas perencanaan diartikan bahwa terciptanya keserasian/sinkronisasi perencanaan baik antara jenjang pemerintahan, anatar sektor/bidang pembangunan, antar pelaku organisasi pelaksana maupun integrasi kebijakan dan program pembangunan daerah dan nasional.  Perencanaan pembangunan daerah harus tetap pada kerangka dan arah perencanaan pembangunan nasional guna mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional dan adaptif terhadap dinamika global.

Untuk mewujudkan tujuan pembangunan daerah, maka diperlukan adanya perencanaan yang konsisten atau berkelanjutan selama periode perencanaan baik jangka panjang, jangka menengah dan tahunan, sehingga diharapkan dapat menuntaskan penyelesaian masalah atau target capaian perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu tertentu.

3.Partisipatif

Proses  perencanaan  pembangunan  harus  mampu  mengakomodir  secara  obyektif. berbagai  kebutuhan  dan  aspirasi  masyarakat  agar  dapat  menghasilkan  konsensus. bersama  menuju  perubahan  lebih  baik  dan  diterima  oleh  semua  pihak.  Oleh karena  Itu  dalam  setiap  pengambilan  keputusan  memerlukan  keterlibatan  masyarakat.  Partisipasi  aktif  tersebut  secara  langsung  maupun  tidak  langsung  akan  memberikan dampak  positif  terhadap  perencanaan  pembangunan.  Sebaliknya  apabila  partisipasi  masyarakat  diabaikan  sedangkan  mobilisasi  masyarakat  yang  dikembangkan,  proses pembangunan  akan terhambat  bahkan  akan  mengalami  kegagalan,  karena  masyarakat kurang  merasa  memiliki hasil-hasil  pembangunan.

4.Transparan

Proses perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan menganut prinsip keterbukaan dan menerapkan pendekatan keadilan dan pemerataan.  Dapat pula diartikan pelaksanaan proses perencanaan pembangunan daerah harus dibangun atas dasar kebebasan memperoleh informasi-informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik dapat secara langsung diperoleh oleh mereka yang membutuhkan

5. Akuntabel

Dalam melaksanakan dalam proses perencana dilakukan dengan terukur, baik secara

kuantitas maupun kualitas, sehingga memudahkan dalam pegendalian. Akuntabilitas juga berarti menyelenggarakan perhitungan ( account ) terhadap sumber daya yang digunakan dan adanya konsistensi terhadap hasil-hasil perencanaan yang sudah disepakati dengan pelaksanaan bersama harus dijaga dan dipelihara..

.:::   Misi  Bappeda   :::.

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, maka setiap organisasi harus mempunyai misi yang jelas. Pernyataan misi mengidentifikasikan apa, dan untuk siapa organisasi, serta produk maupun jasa apa yang dihasilkan. Berdasarkan tugas pokok dan fungsi Bappeda serta agenda pembangunan Kabupaten Enrekang, maka dirumuskan misi BAPPEDA Enrekang sebagai berikut :

1.   Mengembangkan mekanime penyusunan dokumen-dokumen perencanaan pembangunan secara terintegrasi dan realistis serta tepat waktu;

2.   Pemantapan fungsi koordinasi dan komunikasi perencanaan dengan SKPD, lembaga pemerintah dan non pemerintah;

3.   Mendayagunakan informasi potensi daerah dan sumber daya serta data base untuk perencanaan, melalui pendekatan dan pemanfaatan sistem informasi yang optimal;

4.   Meningkatkan kapasitas perencanaan pembangunan daerah, dan peningkatan efektifitas sistem monitoring, evaluasi dan pengendalian perencanaan pembangunan;

5.   Meningkatkan kemampuan kelembagaan perencanaan pembangunan daerah, melalui pengembangan manajemen perencanaan.

.::: Tujuan dan Sasaran  Bappeda :::.

Penetapan tujuan didasarkan kepada faktor-faktor kunci keberhasilan. Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu dan menggambarkan arah strategis dan perbaikan-perbaikan yang ingin diciptakan. Berdasarkan uraian tersebut, penjabaran visi BAPPEDA yang lebih spesifik dan terukur sebagai upaya mewujudkan visi dan misi pembangunan jangka menengah Kabupaten Enrekang sebagai berikut :kkkkkkkkkkkk

1. Mengembangkan koordinasi/komunikasi perencanaan pembangunan daerah baik bidang sosial, ekonomi, infrastruktur fisik yang lebih berkualitas;

Meningkatkan kualitas implementasi sistem perencanaan pembangunan daerah yang terintegrasi ditingkat daerah, daerah provinsi maupun pusat.

2. Mengembangkan sistem pendataan, evaluasi, pelaporan, informasi dan pengendalian perencanaan pembangunan;

4.   Mengembangkan penelitian dan pengembangan kerjasama perencanaan pembangunan daerah;

5.   Memberdayakan kapasitas kelembagaan dan manajemen BAPPEDA Kabupaten Enrekang.

Demikian pula halnya dengan sasaran organisasi adalah pernyataan tentang hal-hal yang diharapkan oleh setiap unit organisasi dalam peranannya terhadap pencapaian visi dan misi organisasi yang telah ditetapkan. Berdasarkan uraian tersebut, maka sasaran Rencana Strategis BAPPEDA Kabupaten Enrekang adalah sebagai berikut :

1.   Terbitnya produk-produk perencanaan untuk pengembangan kualitas SDM dan kesejahteraan sosial, budaya dan pemerintahan;

2.   Terbitnya produk-produk perencanaan yang menunjang ekonomi daerah;

3.   Terbitnya produk-produk perencanaan sarana dan prasarana daerah serta SDA;

4.   Terwujudnya sistem penyelenggaraan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan secara baik dan kondusif;

5.   Terjalinnya keseimbangan kerjasama perencanaan pembangunan daerah dengan daerah lain, provinsi dan pusat;

6.   Terciptanya efisiensi dan efektifitas organisasi dan manajemen BAPPEDA Kabupaten Enrekang

2.4.    Strategi dan Kebijakan  Bappeda

Strategi dan Kebijakan pada hakekatnya menjelaskan pemikiran-pemikiran secara konseptual, kualitis, rasional, realistis dan komprehensif tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk memperlancar atau mempercepat pengembangan misi dan atau pencapaian visi yang telah ditetapkan. Strategi merupakan rencana menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya organisasi sebagai berikut;

  1. Meningkatkan kualitas penyusunan produk-produk Dokumen  perencanaan yang tepat waktu;
  2. Membangun sistem dan mekanisme perencanaan pembangunan sosial, ekonomi, dan infrastruktur daerah;
  3. Mengembangkan sistem informasi dan petunjuk teknis perencanaan pembangunan daerah
  4. Mengoptimalkan  pelaksanaan   monitoring   evaluasi   dan   sistem   pengendalian perencanaan pembangunan daerah;
  5. Mengembangkan kinerja organisasi dan managemen BAPPEDA Kabupaten Enrekang.
  6. Mengembangkan fasilitasi, pembinaan dan koordinasi perencanaan pembangunan daerah
  7. Membangunan upaya integrasi, sinkronisasi dan konsistensi perencanaan pada setiap dokumen perencanaan dan setiap jenjang pemerintahan.
  8. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung serta profesionalisme dan kesejahteraan aparatur perencana.

Untuk mencapai strategi dan sasaran maka diperlukan suatu intervensi dalam bentuk kebijakan organisasi. Kebijakan yang dimaksud merupakan suatu dasar atau pedoman bagi pelaksanaan suatu program dan kegiatan. Salah satu unsur penting dalam menetapkan unsur kebijakan adalah tidak hanya baik secara konsep melainkan dapat dilaksanakan secara konsisten, sistematis dan berkesinambungan.

Penetapan kebijakan sebagai suatu cara untuk mencapai tujuan dan sasaran dalam Renstra Bappeda Kabupaten Enrekang disusun dengan tetap memperhatikan Program Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Enrekang tahun 2009-2013 yang relevan dengan kelembagaan BAPPEDA. Dalam kaitannya dengan Renstra Bappeda Kabupaten Enrekang, maka kebijakan yang ditetapkan adalah sebagai berikut :

1.   Membangun komunikasi perencanaan yang lebih berkualitas dengan SKPD, baik Kabupaten, Provinsi dan Pusat untuk menjamin integrasi, kosistensi dan sinkronisasi perencanaan yang akan tertuang dalam beberapa dokumen perencanaan pembangunan daerah.

2.   Mengembangkan Sistem Informasi Perencanaan dan pembangunan daerah yang dapat diakses oleh semua elemen;

3.   Mengembangkan pendampingan dan advokasi proses perencanaan Buttom Up serta membuka ruang Partisipatif masyarakat dalam proses perencanaan dan pembangunan daerah ;

4.   Memantapkan pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tperencanaan pembangunan ;

5.   Meningkatkan kapasitas dan keseimbangan kerjasama perencanaan pembangunan antara lembaga pemerintah daerah non pemerintah ;

6.   Memberdayakan sistem kelembagaan dan kompetensi aparatur BAPPEDA Kabupaten Enrekang dalam  perencanaan pembangunan yang didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang cukup dan memadai.

7.   Mengembangkan kajian dan penelitian sebagai bahan dalam formulasi perencanaan dan kebijakan operasional pembangunan daerah.

 

 

 

4 thoughts on “RENCANA STRATEGIS

  1. tolong kalau bisa file rpjmd kabupaten enrekang dan rencana program jangka panjang kabupaten enrekang

    nurhaji madjid
    fasilitator cd enrekang

    • tolong kalau bisa file rpjmd kabupaten enrekang dan rencana program jangka panjang kabupaten enrekang, untuk bahan PJMdes Desa kalupini,ranga,tokkonan dan tungka

      nurhaji madjid
      fasilitator cd enrekang
      081355713372

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s