STRUKTUR ORGANISASI

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Enrekang adalah unsur Pendukung Pemerintah Kabupaten Enrekang dibidang Perencanaan Pembangunan Daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Enrekang. Untuk itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas pokok  dan fungsi yang diatur dalam Peraturan Bupati Enrekang Nomor Tahun 2009 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Enrekang sebagai berikut :

1. Kepala Bappeda

1.Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dipimpin oleh seorang Kepala Badan, Mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah;

2.Untuk melaksanakan Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai fungsi :

    a. Perumusan kebijakan teknis perencanaan;
    b. Pengkoordinasian penyusunan perencanaan pembangunan;
    c. Pembinaan dan Pelaksanaan tugas dibidang perencanaan pembangunan daerah;
    d. Penyelenggaraan dan pembinaan monitoring perencanaan pembangunan daerah;
    e. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Menyusun rancangan dokumen perencanaan pembangunan daerah
c. Menyusun Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Bappeda ;
d. Mengkoordinasikan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja dengan Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan serta program kerja Sekretariat, Bidang, Sub Bagian dan Sub Bidang sesuai dengan tugas masing – masing;
f. Merumuskan dan menetapkan Penetapan target Kinerja Bappeda;
g. Melakukan pembinaan dan pengembangan kompetensi pegawai di lingkup Bappeda;
h. Mendistribusikan tugas dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan kepada Sekretaris dan para Kepala Bidang lingkup Bappeda sesuai dengan tugas dan fungsinya ;
i. Mengarahkan dan menetapkan Kebijakan yang sesuai dengan tugas dan fungsi Bappeda;
j. Menghimpun dan menganalisis hasil pementauan pelaksanaan rencana pembangunan dari masing – masing satun kerja perangkat daerah sesuai tugas kewenanganya
k. Menyusun evaluasi rencana pembangunan berdasarkan hasil evaluasi Satuan Kerja Perangkat Daerah
l. Melakukan pembinaan terhadap pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran satuan Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
m. Menetapkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk tehnis kegiatan dan program kerja dalam lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
n. Mengkoordinasikan pengkajian dan perumusan kebijakan dalam pemberian pelayanan penunjang penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di bidang Penelitian Pengembangan dan Perencanaan;
o. Menerima dan menindak lanjuti informasi serta data dalam lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
p. Menyusun laporan secara berkala hasil pelaksanaan tugas kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah;
q. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;
r. Melakukan Penilaian terhadap hasil dan prestasi kerja dalam DP-3.

2. Sekretaris

(1) Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris, mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan umum dan ketatalaksanaan bidang kepegawaian, keuangan serta perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.
(2) Untuk melaksanakan Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekrertaris mempunyai Fungsi:
Uraian Tugas Sekretaris adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Menyusun Rencana Kerja Sekretariat ;
c. Menyusun Rencana Anggaran Satuan Kerja Sekretariat
d. Mengkoordinasikan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Satuan Kerja dengan Kepala Badan serta para Kepala Bidang Lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
e. Membina dan Mengkoordinasikan tugas-tugas antar bidang di lingkup Bappeda ;
f. Mendistribusikan Tugas kepada Sub Bagian lingkup Sekretariat ;
g. Membantu Kepala Badan dalam Pembinaan dan Pengembangan Pegawai di lingkup Bappeda ;
h. Mengkompilasi dan mengakselerasi Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja dari masing-masing Bidang lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
i. Membantu Kepala Badan Mengkompilasi, mengakselerasi dan merumuskan Penetapan Kinerja dari Bidang-Bidang menjadi Penetapan Kinerja Badan ;
j. Menghimpun dan Mengelola Administrasi Data dan Informasi Badan;
k. Menyelenggarakan Pembinaan Kegiatan kehumasan dilingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ;
l. Menetapkan pengalokasian perlengkapan Lingkup Bappeda ;
m. Menata Tata Naskah dan ketatalaksanaan Badan ;
n. Menyiapkan bahan koordinasi dalam melaksanakan tugas Badan dan memberikan pelayanan administratif dan fungsional kepada unsur di lingkungan Badan serta menyiapkan rencana anggaran biaya operasional Badan;
o. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Badan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ;
p. Mengadakan pembinaan dan pengendalian terhadap tugas setiap Sub Bagian lingkup Sekretariat Badan;
q. Mengumpulkan bahan koordinasi dalam penyusunan dan pengendalian program kerja Badan;
r. Menghimpun, mengolah, menggandakan dan menyimpan dokumen Perencanaan dan laporan Badan secara rapi;
s. Menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembinaan teknis fungsional dan penatausahaan;
t. Menyelenggarakan urusan umum, Perencanaan, perlengkapan, Keuangan, kepegawaian, surat menyurat dan rumah tangga Badan;
u. Menyiapkan dan mengkoordinasikan urusan anggaran Badan setiap tahunnya kepada instansi terkait;
v. Membuat dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Badan;
w. Membuat telahan staf dan pertimbangan kepada atasan ;
x. Melakukan pengawasan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat ;
y. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sekretariat secara berkala;
z. Membantu kepala Badan dalam menyusun laporan secara berkala dan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) Badan;
aa. Menyelenggarakan Perumusan Laporan Sekretariat secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sekretariat ;
bb. Menilai prestasi bawahan sebagai bahan pertimbangan dan pengembangan karir dalam DP3

3. Kasubag. Perencanaa

Sub Bagian Perencanaan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian, mempunyai tugas melaksanakan pengkajian, pengumpulan dan penyiapan bahan sesuai kebutuhan perencanaan Badan.
Uraian Tugas Sub Bagian Prencanaan, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Menyusun Rencana Kerja;
c. Menyusun Rencana Anggaran Satuan kerja;
d. Mengkoordinasikan Rancangan Rencana Strategis dan Rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bagian serta Dokumen Penetapan Kinerja Bagian dengan Sekretaris Badan, Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian ;
e. Membina dan mengkoordinir tugas-tugas kerja di lingkup Sub Bagiannya ;
f. Membantu Sekretaris dalam pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup Sub Bagiannya;
g. Melaksanakan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pada Lingkup Sub Bagian;
h. Melaksanakan Pengkajian dan perumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Tugas Pekerjaan Badan ;
i. Melaksanakan pemantauan, monitoring dan evaluasi Pelaksanaan SOP Badan;
j. Menghimpun serta mengolah data,Informasi,menginventarisir permasalahan serta merumuskan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas –tugas perencanaan;
k. Mengkoordinasikan, menghimpun dan memverifikasi Renstra dan Renja dari masing-masing Bidang ;
l. Mengumpulkan mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Perencanaan Badan;
m. Menyiapkan bahan koordinasi instansi vertikal dan perangkat daerah lainnya;
n. Memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala badan dalam pelaksanaan tugas-tugas dan fungsi Bappeda
o. Menghimpun, mengklasifikasi dan menyusun data statistik Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
p. Membantu Sekretaris dalam rangka Menghimpun dan merumuskan Penetapan Kinerja dan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
q. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bagian;
p. Membantu atasan dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Perencanaan ; dan
q. Melaksanakan Tugas Kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugasnya;

4. Subag. Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian, mempunyai tugas melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, perpustakaan, dokumentasi, perlengkapan dan urusan rumah tangga Badan.
Uraian Tugas Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Menyiapkan dan merumuskan rancangan Rencana Kerja;
c. Menyiapkan dan merumuskan Rencana Anggaran Satuan Kerja ;
d. Mengkoordinasikan Rencana Strategis dan Rencana Kerja Anggaran Sub Bagian dengan Sekretaris dan Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Kepala Sub Bagian Keuangan;
e. Mengkoordinasikan tugas-tugas kerja dilingkup Sub Bagian;
f. Menyiapkan bahan koordinasi dalam melaksanakan tugas Badan dan memberikan pelayanan administratif dan fungsional kepada unsur di lingkup Badan;
g. Membantu Kepala Badan dalam Pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
h. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris Badan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya;
i. Mengadakan pembinaan dan pengendalian terhadap tugas Sub Bagian;
j. Menghimpun, mengolah, menggandakan dan menyimpan dokumen laporan secara rapi;
k. Membantu Kepala Badan dalam pengelolaan urusan-urusan Administrasi barang inventaris dan Kepegawaian Badan;
l. Menghimpun dan mengkompilasi Dokumen kepegawaian, surat menyurat dan inventaris barang dari Bidang;
m. Menghimpun, memverifikasi dan memelihara dokumen dan Informasi Kepegawaian, surat menyurat dan barang inventaris, serta perpustakaan Badan;
n. Mengelola Administrasi Kepegawaian dan Barang Inventaris serta perpustakaan Badan;
o. Membantu Kepala Badan dalam Pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
p. Menerima dan memproses serta mendistribusikan surat, dokumen Barang Inventaris dan Kepegawaian;
q. Mengadakan dan mendistribusikan perlengkapan rumah tangga dan inventaris barang Badan ;
r. Melaksanakan pengurusan Administrasi Perjalanan Dinas Badan ;
s. Membuat telahan staf kepada pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya ;
t. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
u. Melakukan pengawasan pelaksanaan tugas Sub Bagian;
v. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bagian;
w. Membuat laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sub Bagian;
x. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

5. Subag. Keuangan

Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian, mempunyai tugas melaksanakan urusan Penata Usahaan Administrasi Keuangan serta merumuskan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Badan, melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas-tugas di Sub Bagian serta membuat laporan secara berkala.
Uraian Tugas Kepala Sub Bagian Keuangan, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Menyiapkan dan merumuskan rancangan Rencana Kerja;
c. Menyiapkan dan merumuskan Rencana Anggaran Satuan Kerja;
d. Mengkoordinasikan Rencana Strategis dan Rencana Kerja Anggaran Sub Bagian dengan Sekretaris Badan Kepala Sub Bagian Perencanaan, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
e. Mengkoordinasikan tugas-tugas kerja dilingkup Sub Bagian ;
f. Membantu Sekretaris dalam pengelolaan urusan-urusan Keuangan dan Program kegiatan Badan;
g. Membantu Kepala Badan dalam Pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup Sub Bagian Keuangan ;
h. Menerima dan memproses serta mendistribusikan surat dan dokumen Keuangan dan program kegiatan Badan;
i. Melaksanakan Rencana Strategis dan Rencana Kerja Anggaran Sub Bagian Keuangan;
j. Menghimpun dan memverifikasi terhadap dokumen Pertanggungjawaban keuangan Badan;
k. Membuat telaahan staf kepada pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya ;
l. Membantu Sekretaris dalam rangka Menghimpun dan merumuskan Penetapan Kinerja dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
m. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
n. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja dan rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bagian;
o. Membuat laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sub Bagian;
p. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

6. Bidang Prasarana Wilayah dan SDA

(1) Bidang Prasarana Wilayah dan SDA dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Prasarana Wilayah dan SDA.
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Bidang Prasarana Wilayah dan SDA, mempunyai fungsi;
a. Penyelenggaraan dan Pengkoordinasian Perencanaan Pembangunan Bidang Prasarana Wilayah;
b. Penyelenggaraan dan Pengkoordinasian Perencanaan Pembangunan Sektor pemberdayaan Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Tata Ruang dan Permukiman.
Uraian Tugas Kepala Bidang Prasarana Wilayah dan SDA adalah sebagai berikut ;
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji program Kerja Bidang berdasarkan Rencana Kerja Bidang Prasarana Wilayah dan SDA;
c. Mengkoordinasikan pelaksanaan Rencana Kerja dalam lingkup Bidang;
d. Mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan Program Kerja dengan Sekretaris Badan serta Bidang yang lain dan atau Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan serta progam kerja Bidang dan Sub Bidang sesuai dengan Tugas masing – masing;
f. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Bidang Prasarana Wilayah dan SDA;
g. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada Sub Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya;
h. Mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta merumuskan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Perencanaan Pembangunan Bidang Prasarana Wilayah dan SDA;
i. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dan perangkat daerah lainnya;
j. Menghimpun, mengklasifikasi dan menyusun data statistik Perencanaan Pembangunan Bidang Prasarana Wilayah dan SDA;
k. Mengkoordinir penyiapan bahan perumusan kebijakan dan pengkoordinasian serta penyelenggaraan Perumusan Perencanaan Pembangunan Bidang Prasarana Wilayah dan SDA;
l. Mengkoordinasikan pelaksanaan Pengkajian dan perumusan Sistem dan Mekanisme perencanaan pembangunan Bidang Prasarana Wilayah dan SDA;
m. Mengkoordinasikan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan penyelenggaraan pengkajian serta pengolahan data dan informasi perencanaan pembangunan Bidang Prasarana Wilayah dan SDA;
n. Membuat telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan;
o. Melakukan pengawasan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Bidang ;
p. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja Bidang secara berkala ;
q. Menyelenggarakan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Bidang dalam rangka Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
r. Membantu kepala Badan dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Bidang ;
s. Melakukan penilaian terhadap hasil dan prestasi kerja dalam DP3;
t. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya;

7. Subid. Prasarana Wilayah

Sub Bidang Prasarana Wilayah dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang, mempunyai tugas pokok mempersiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di Sub bidang Prasarana Wilayah;
Uraian Tugas Sub Bidang Prasarana Wilayah, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji program Kerja Sub Bidang Prasarana Wilayah berdasarkan Program Kerja Bidang dan Rencana Kerja Badan;
c. Mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan Program Kerja dalam lingkup Sub Bidang Prasarana Wilayah;
d. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program Kerja dengan Sub Bidang yang lain dan atau Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Sub Bidangnya;
f. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan sesuai dengan tugas Sub Bidang;
g. Menghimpun dan mempelajari Peraturan perundang Undangan, Kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan tugas-tugas Sub Bidang Prasarana Wilayah;
h. Menghimpun serta mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta merumuskan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Sub Bidang Prasarana Wilayah;
i. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dengan perangkat daerah khususnya yang berkaitan dengan Perencanaan Pembangunan sektor Prasarana Wilayah;
j. Menyiapkan perumusan dan mengkoordinasikan kebijakan pengembangan Sistem Perencanaan Pembangunan Sub Bidang Prasarana Wilayah dan SDA;
k. Menganalisis kebijakan perencanaan pembangunan secara Sektoral, dan Wilayah serta menyiapkan perumusan kebijakan dan penerapannya di daerah, sesuai bidang tugasnya;
l. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas Sub Bidangnya;
m. Membuat telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan;
n. Melakukan pengawasan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Sub Bidang;
o. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja Sub Bidang;
p. Membantu kepala Bidang dalam menyusun laporan Sub Bidang secara berkala;
q. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

8. Subid. SDA, LH dan Tarkim

Sub Bidang SDA, LH dan Tarkim dipimpi oleh seorang Kepala Sub, mempunyai tugas pokok mempersiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Sumber Daya Alam,Lingkungan Hidup dan (Tarkim);

Uraian Tugas Kepala Sub Bidang SDA, LH dan Tarkim adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji program Kerja Sub Bidang SDA, LH dan Tarkim berdasarkan Program Kerja Bidang dan Rencana Kerja Badan;
c. Mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan Program Kerja dalam lingkup Sub Bidang;
d. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program Kerja dengan Sub Bidang yang lain dan atau Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Sub Bidang SDA, LH dan Tarkim;
f. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan sesuai dengan tugas Sub Bidang;
g. Menghimpun dan mempelajari Peraturan Perundang-Undangan, Kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan tugas-tugas Sub Bidang SDA, LH dan Tarkim;
h. Menghimpun serta mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Sub Bidang SDA, LH dan Tarkin;
i. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dengan perangkat daerah khususnya yang berkaitan dengan Perencanaan Pembangunan sektor SDA, LH dan Tarkin;
j. Menyiapkan perumusan dan mengkoordinasikan kebijakan pengembangan Sistem Perencanaan Pembangunan Sub Bidang SDA, LH dan Tarkim;
k. Menganalisis kebijakan perencanaan pembangunan bidang SDA, LH dan Tarkim serta menyiapkan perumusan kebijakan dan penerapannya di daerah;
l. Membuat telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan ;
m. Melakukan pengawasan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Sub Bidang;
n. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya;
o. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran satuan kerja Sub Bidang
p. Membantu kepala Bidang dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sub Bidangnya;
q. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya;

9. Bidang Ekonomi

(1) Bidang Ekonomi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Ekonomi;
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Bidang Ekonomi , mempunyai fungsi;
a. Penyelenggaraan dan Pengkoordinasian Perencanaan Pembangunan Sektor Pertanian dan Kehutanan, Pertambangan dan Energi ;
b. Penyelenggaraan dan Pengkoordinasian Perencanaan Pembangunan Sektor Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM;
Uraian Tugas Kepala Bidang Ekonomi adalah sebagai berikut;
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji program Kerja Bidang berdasarkan Rencana Kerja Bidang Ekonomi;
c. Mengkoordinasikan pelaksanaan Rencana Kerja dalam lingkup Bidang;
d. Mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan Program Kerja dengan Sekretariat, Bidang yang lain dan Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan serta progam kerja Bidang dan Sub Bidang sesuai dengan Tugas masing – masing;
f. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Bidang;
g. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada Sub Bidang sesuai dengan tugas;
h. Mengumpulkan mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta merumuskan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Perencanaan Pembangunan Bidang Ekonomi ;
i. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dan satuan kerja perangkat daerah ;
j. Menghimpun, mengklasifikasi dan menyusun data statistik Perencanaan Pembangunan Bidang Ekonomi ;
k. Mengkoordinir penyiapan bahan perumusan kebijakan dan pengkoordinasian serta penyelenggaraan Perumusan Perencanaan Pembangunan Bidang Ekonomi ;
l. Mengkoordinasikan pelaksanaan Pengkajian dan perumusan Sistem dan Mekanisme perencanaan pembangunan Bidang Ekonomi ;
m. Mengkoordinasikan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan penyelenggaraan pengkajian serta pengolahan data dan informasi perencanaan pembangunan Bidang Ekonomi ;
n. Mengkoordinir penyiapan, menyusun konsep / naskah dinas, menandatangani dan atau memaraf Naskah Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya;
o. Membuat telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan ;
p. Melakukan pengawasan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Bidang ;
q. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerjadan Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang ;
r. Menyelenggarakan Penyusunan Laporan Bidang dalam rangka Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
s. Membantu kepala Badan dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Bidang ;
t. Melakukan penilaian terhadap hasil dan prestasi kerja dalam DP3; dan
u. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya;

10. Subid. Pertanian, Kehutanan, Pertambangan & Energi

Sub Bidang Pertanian, Kehutanan, Pertambangan & Energi dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang, mempunyai tugas pokok mempersiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Pertanian,Kehutanan,Pertambangan dan Energi;

Uraian Tugas Sub Bidang Pertanian, Kehutanan, Pertambangan & Energi adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji program Kerja Sub Bidang Pertanian, Kehutanan, Pertambangan & Energi berdasarkan Program Kerja Bidang dan Rencana Kerja Badan;
c. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja dalam lingkup Sub Bidang Pertanian, Kehutanan, Pertambangan & Energi ;
d. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program Kerja dengan Sub Bidang yang lain dan atau Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Membantu Kepala bidang dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Sub Bidang;
f. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan sesuai dengan tugas Sub Bidang;
g. Menghimpun dan mempelajari Peraturan perundang Undangan, Kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan tugas-tugas Sub Bidang Pertanian, Kehutanan, Pertambangan & Energi ;
h. Menghimpun serta mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta merumuskan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Sub Bidang Pertanian, Kehutanan, Pertambangan & Energi ;
i. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dengan perangkat daerah khususnya yang berkaitan dengan Perencanaan Pembangunan sektor Pertanian, Kehutanan, Pertambangan dan Energi ;
j. Menyiapkan perumusan dan mengkoordinasikan kebijakan pengembangan Sistem Perencanaan Pembangunan Sub Bidang Pertanian, Kehutanan, Pertambangan & Energi;
k. Menganalisis kebijakan perencanaan pembangunan Pertanian, Kehutanan, Pertambangan & Energi, serta menyiapkan perumusan kebijakan dan penerapannya di daerah;
l. Membuat telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan ;
m. Melakukan pengawasan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Sub Bidang;
n. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran
Satuan Kerja Sub Bidang ;
o. Membantu kepala Bidang dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Pertanian, Kehutanan, Pertambangan & Energi ;
p. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya.

11. Subid. Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Pariwisata

Sub Bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM dan Pariwisata dipimpin oleh seorang Kepala Sub mempunyai tugas pokok mempersiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Perindustrian Perdagangan,Koperasi UKM dan Pariwisata dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas Sub Bidang serta membuat laporan secara berkala.
Uraian Tugas Kepala Sub Bidang Perindag,Koperasi UKM dan Pariwisata adalah sebagai berikut:
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji program Kerja Sub Bidang Perindustrian Perdagangan,Koperasi UKM dan Pariwisata berdasarkan Program Kerja Bidang dan Rencana Kerja Badan;
c. Mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan Program Kerja dalam lingkup Sub Bidang;
d. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program Kerja dengan Sub Bidang yang lain dan Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Sub Bidang Perindustrian Perdagangan,Koperasi UKM dan Pariwisata;
f. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan sesuai dengan tugas Sub Bidang;
g. Menghimpun dan mempelajari Peraturan Perundang-Undangan, Kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan tugas-tugas Sub; Bidang Perindustrian Perdagangan,Koperasi UKM dan Pariwisata;
h. Menghimpun serta mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Sub Bidang Perindustrian Perdagangan,Koperasi UKM dan Pariwisata;
i. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dengan perangkat daerah khususnya yang berkaitan dengan Perencanaan Pembangunan sektor Perindustrian Perdagangan,Koperasi UKM dan Pariwisata;
j. Menyiapkan perumusan dan mengkoordinasikan kebijakan informasi pengembangan Sistem Perencanaan Pembangunan Sub Bidang Perindustrian Perdagangan,Koperasi UKM dan Pariwisata ;
k. Menganalisis kebijakan perencanaan pembangunan Perindustrian Perdagangan,Koperasi UKM dan Pariwisata secara Sektoral, dan Wilayah serta menyiapkan perumusan kebijakan dan penerapannya di daerah;
l. Membuat telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan;
m. Melakukan pengawasan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Sub Bidang;
n. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Sub Bidang;
o. Membantu kepala Bidang dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Perindustrian Perdagangan,Koperasi UKM dan Pariwisata;
p. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya.

12. Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan

(1) Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Sosial Budaya & Pemerintahan
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan, mempunyai fungsi;
a. Penyelenggaraan dan Pengkoordinasian Perencanaan Pembangunan Bidang Pemerintahan, Pendidikan, Mental Spritual; dan
b. Penyelenggaraan dan Pengkoordinasian Perencanaan Pembangunan Bidang Kependudukan, Kesehatan, Kesejahteraan Rakyat dan Tenaga Kerja.
Uraian Tugas Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan, adalah sebagai berikut;
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji program Kerja Bidang berdasarkan Rencana Kerja Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan;
c. Mengkoordinasikan pelaksanaan Rencana Kerja dalam lingkup Bidang;
d. Mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan Program Kerja dengan Sekretariat, Bidang yang lain dan Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan serta progam kerja Bidang dan Sub Bidang sesuai dengan Tugas masing – masing;
f. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Bidang;
g. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada Sub Bidang sesuai dengan tugas;
h. Mengumpulkan mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Perencanaan Pembangunan Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan ;
i. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dan perangkat daerah lainnya dengan Badan ;
j. Menghimpun, mengklasifikasi dan menyusun data statistik Perencanaan Perencanaan Pembangunan Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan;
k. Mengkoordinir penyiapan bahan perumusan kebijakan dan pengkoordinasian serta penyelenggaraan Perumusan Perencanaan Pembangunan Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan;
l. Mengkoordinasikan pelaksanaan Pengkajian dan perumusan Sistem dan Mekanisme perencanaan pembangunan Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan;
m. Mengkoordinasikan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan penyelenggaraan pengkajian serta pengolahan data dan informasi perencanaan pembangunan Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan ;
n. Mengkoordinir penyiapan, menyusun konsep / naskah dinas, menandatangani dan atau memaraf Naskah Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya;
o. Membuat telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan ;
p. Melakukan pengawasan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Bidang ;
q. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang ;
r. Menyelenggarakan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Bidang dalam rangka Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
s. Membantu kepala Badan dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Bidang ; dan
t. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya.

13. Subid. Pemerintahan, Pendidikan dan Mental Spiritual

Sub Bidang Pemerintahan, Pendidikan dan Mental Spritual dipimpin oleh seorang Kepala Sub, mempunyai tugas pokok mempersiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Pemerintah,Pendidikan dan Mental Spritual .
Uraian Tugas Sub Bidang Pemerintahan, Pendidikan dan Mental Spritual, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji program Kerja Sub Bidang Pemerintahan, Pendidikan dan Mental Spritual, berdasarkan Program Kerja Bidang dan Rencana Kerja Anggaran;
c. Mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan Program Kerja dalam lingkup Sub Bidang Pemerintahan, Pendidikan dan Mental Spritual ;
d. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program Kerja dengan Sub Bidang yang lain dan atau Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Sub Bidang;
f. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan sesuai dengan tugas Sub Bidang;
g. Menghimpun dan mempelajari Peraturan perundang Undangan, Kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan tugas-tugas Sub Bidang Pemerintahan, Pendidikan dan Mental Spritual ;
h. Menghimpun serta mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Sub Bidang Pemerintahan, Pendidikan dan Mental Spritual ;
i. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dengan perangkat daerah khususnya yang berkaitan dengan Perencanaan Pembangunan sektor Pemerintahan Pendidikan dan Mental spritual;
j. Menyiapkan perumusan dan mengkoordinasikan kebijakan pengembangan Sistem Perencanaan Pembangunan Bidang Pemerintahan, Pendidikan dan Mental Spritual ;
k. Menganalisis kebijakan perencanaan pembangunan Pendidikan dan Mental Spritual secara Sektoral, dan Wilayah serta menyiapkan perumusan kebijakan dan penerapannya di daerah;
l. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas Sub Bidang;
m. Membuat telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan ;
n. Melakukan pengawasan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Sub Bidang;
o. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bidang secara berkala;
p. Membantu kepala Bidang dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Pemerintahan, Pendidikan dan Mental Spritual ;
q. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

14. Subid. Kependudukan, Kesehatan, Kesra dan Tenaga Kerja

Sub Bidang Kependudukan, Kesehatan, Kesra & Tenaga Kerja dipimpin oleh seorang Kepala Sub, mempunyai tugas pokok mempersiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Kependudukan ,Kesehatan,Kesra dan Tenaga Kerja;
Uraian Tugas Kepala Sub Bidang Kependudukan, Kesehatan, Kesra & Tenaga Kerja adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji program Kerja Sub Bidang Kependudukan, Kesehatan, Kesra & Tenaga Kerja berdasarkan Program Kerja Bidang dan Rencana Kerja Badan;
c. Mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan Program Kerja dalam lingkup Sub Bidang;
d. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program Kerja dengan Sub Bidang yang lain dan Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Sub Bidang Kependudukan, Kesehatan, Kesra & Tenaga Kerja ;
f. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan sesuai dengan tugas Sub Bidang;
g. Menghimpun dan mempelajari Peraturan Perundang-Undangan, Kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan tugas-tugas Sub Bidang Kependudukan, Kesehatan, Kesra & Tenaga Kerja ;
h. Menghimpun serta mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Sub Bidang Kependudukan, Kesehatan, Kesra & Tenaga Kerja ;
i. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dengan perangkat daerah khususnya yang berkaitan dengan Perencanaan Pembangunan sektor Kependudukan, Kesehatan, Kesejahteraan Rakyat dan Tenaga Kerja ;
j. Menyiapkan perumusan dan mengkoordinasikan kebijakan informasi pengembangan Sistem Perencanaan Pembangunan Bidang Kependudukan, Kesehatan, Kesejahteraan Rakyat dan Tenaga Kerja;
k. Menganalisis kebijakan perencanaan pembangunan Kependudukan, Kesehatan, Kesejahteraan Rakyat dan Tenaga Kerja secara Sektoral, dan Wilayah serta menyiapkan perumusan kebijakan dan penerapannya di daerah;
l. Membuat telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan;
m. Melakukan pengawasan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Sub Bidang;
n. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bidang;
o. Membantu kepala Bidang dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Kependudukan, Kesehatan, Kesejahteraan Rakyat dan Tenaga Kerja;
p. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya;

15. Bidang Penelitian, Pengembangan, Monitoring dan Evaluasi

(1) Bidang Penelitian, Pengembangan, Monitoring dan Evaluasi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Penelitian ,Pengembangan,Monitoring dan Evaluasi;
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan, Monitoring dan Evaluasi mempunyai fungsi;
a. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan pembangunan bidang Prasarana Wilayah dan SDA, Ekonomi, Sosbud, dan Pemerintah
b. Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi di bidang Prasarana Wilayah dan SDA, Ekonomi, Sosbud dan Pemerintah
Uraian Tugas Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan, Monitoring dan Evaluasi, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Menyusun program Kerja Bidang berdasarkan Rencana Kerja Badan;
c. Mengkoordinasikan pelaksanaan Rencana Kerja dalam lingkup Bidang;
d. Mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan Program Kerja dengan Sekretariat, Bidang yang lain dan Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan serta progam kerja Bidang dan Sub Bidang sesuai dengan Tugas masing – masing;
f. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Bidang;
g. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada Sub Bidang sesuai dengan tugas;
h. Mengumpulkan,mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta merumuskan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan mekanisme Perencanaan Pembangunan;
i. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dan perangkat daerah lainnya;
j. Menghimpun, mengklasifikasi dan menyusun data statistik sebagai bahan Perencanaan Pembangunan Daerah ;
k. Mengkoordinir penyiapan bahan perumusan kebijakan dan penyelenggaraan Penelitian dan Pengembangan Daerah;
l. Mengkoordinir penyiapan bahan perumusan kebijakan dan penyelenggaraan pengkajian serta pengolahan data dan informasi pembangunan;
m. Mengkoordinir penyiapan, menyusun konsep / naskah dinas, menandatangani dan atau memaraf Naskah Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya;
n. Membuat telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan ;
o. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang ;
p. Menyelenggarakan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Bidang dalam rangka Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah;
q. Membantu kepala Badan dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Bidang ;
r. Melakukan penilaian terhadap hasil dan prestasi kerja dalam DP3; dan
s. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi Bidang.

16. Subid. Penelitian dan Pengembangan

Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub mempunyai tugas pokok mempersiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Penelitian dan Pengembangan;
Uraian Tugas Kepala Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan , adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji dan menyusun program Kerja Sub Bidang Analisis Ekonomi Sosial dan Budaya berdasarkan Program Kerja Bidang dan Rencana Kerja Badan;
c. Mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan Program Kerja dalam lingkup Sub Bidang;
d. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program Kerja dengan Sub Bidang yang lain dan atau Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Sub Bidang;
f. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan sesuai dengan tugas Sub Bidang;
g. Menyiapkan perumusan kebijakan, bahan penelitian, pengembangan serta melaksanakan; Inventarisasi data, pengkajian dan evaluasi terhadap pembangunan di sektor Ekonomi dan Sosial Budaya;
h. Menganalisis kebijakan pembangunan Ekonomi dan Sosial Budaya secara Sektoral, dan Wilayah serta menyiapkan perumusan kebijakan dan penerapannya di daerah;
i. Mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja Sub Bidang secara berkala;
j. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan secara berkala;
k. Melakukan penilaian terhadap hasil dan prestasi kerja dalam DP3; dan
l. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

17. Subid. Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan

Sub Bidang Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan dipimpin oleh seorang Kepala Sub mempunyai tugas pokok mempersiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidang Monitoring,Evaluasi dan Pelaporan;
Uraian Tugas Kepala Sub Bidang Monitoring,Evaluasi dan Pelaporan, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
b. Mengkaji program Kerja Sub Bidang berdasarkan Program Kerja Bidang dan Rencana Kerja Badan;
c. Mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan Program Kerja dalam lingkup Sub Bidang;
d. Mengkoordinasikan pelaksanaan Program Kerja dengan Sub Bidang yang lain dan Instansi / Unit Kerja terkait;
e. Membantu Kepala Badan dalam pembinaan dan pengembangan pegawai di lingkup Sub Bidang;
f. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan sesuai dengan tugas Sub Bidang;
g. Menyiapkan perumusan kebijakan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan di bidang pembangunan, ekonomi dan sosial budaya;
h. Menganalisis kebijakan Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan terhadap pembangunan Fisik dan Prasarana secara Sektoral, Regional dan Wilayah serta menyiapkan perumusan kebijakan dan penerapannya di daerah;
i. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas Sub Bidang;
j. Mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja Sub Bidang;
k. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
l. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

a. Penyelenggaraan dan Penatausahaan urusan Perencanaan umum;
b. Penyelenggaraan dan Penatausahaan urusan Umum dan Kepegawaian;
c. Penyelenggaraan dan Penatausahaan urusan Keuangan.

Jabatan Struktural terdiri dari :

a.   Kepala Badan

b.   Sekreatriar terdiri dari :

1.  Sub Bagian Perencanaan

2.  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

3.  Sub Bagian Keuangan

c.   Bidang Ekonomi  terdiri dari :

1.  Sub Bidang Pertanian, Kehiatanan, Pertambangan dan Energi;

2.  Sub Bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM.

d.   Bidang Prasarana Wilayah dan SDA terdiri dari :

1.  Sub Bidang Prasarana Wilayah

2.  Sub Bidang SDA, LH dan Tarkim

e.   Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan terdiri dari :

1.  Sub Bidang Pemerintah, Pendidikan dan Spiritual;

2.  Sub Bidang Kependudukan, Kesehatan, Kesra dan Tenaga Kerja

f.    Bidang Penelitian, Pengembangan dan Monev. Terdiri dari :

1.  Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan;

2.  Sub Bidang Monev., Evaluasi dan Pelaporan

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s